Sintensis dan Karakterisasi Membran Polieugenol Serta Aplikasinya dalam Transpor Fenol Dengan Metode Polymer Inclusion Membrane (PIM)


INTISARI 

Pemisahan fenol dari limbah cair dengan teknologi membran cair metode PIM (Polymer Inclusion Membrane) telah dilakukan. Pada penelitian ini disintesis polieugenol sebagai senyawa pembawa (carrier) kemudian dicetak bersama dengan DBE dan PVC sebagai membran PIM untuk transpor fenol menggunakan metode PIM. Polieugenol yang dihasilkan dikarakterisasi dengan H-NMR, FT-IR, TG-DTA dan SEM. Sementara evaluasi terhadap membran polieugenol dilakukan dengan menganalisis menggunakan Universal Testing Machine untuk mengetahui kuat tarik(tensile strength)dan jumlah komponen yang hilang ML loss selama proses transpor. Terakhir, untuk mengetahui perbedaan fisik membran PIM, maka membran sebelum dan sesudah transpor dikarakterisasi menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM) dan Fourier Transform Infra Red (FTIR).

Dari penelitian ini diperoleh hasil berupa serbuk polieugenol berwarna kuning kecoklatan dengan berat 4,7005 g (rendemen 80,74%) dari sintesis yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil karakteristik polieugenol dengan H-NMR, FT-IR, TG-DTA dan SEM, diperoleh informasi bahwa telah terjadi reaksi polimerisasi eugenol membentuk polieugenol. Uji transpor fenol dengan membran polieugenol menunjukkan bahwa membran PIM mampu mentransfor fenol dengan jumlah rata-rata 46%. Hasil karakteristik terhadap membran PIM dengan SEM, Universal Testing Machine dan FTIR, menunjukkan terjadinya perubahan morfologi membran PIM setelah digunakan untuk mentranspor fenol karena adanya spesies membran yang hilang selama proses transpor.

Hibah Penelitian dan Dosen Pemula Tahun 2013
Akafarma Al-Islam
Eni Kartika Sari, S.Si 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sintensis dan Karakterisasi Membran Polieugenol Serta Aplikasinya dalam Transpor Fenol Dengan Metode Polymer Inclusion Membrane (PIM)"

Posting Komentar